Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Bandara Palu Sudah Bisa Layani Penerbangan Pesawat Narrow Body

Kompas.com - 09/10/2018, 08:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu sudah mampu melayani penerbangan pesawat jet narrow body sekelas sekelas B737 seri 800 atau 900 dengan limited payload.

Penerbangan Lion Air JT 3852 merupakan penerbangan dengan pesawat jet B737 NG pertama yang beroperasi secara terbatas pasca musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Dengan pesawat jet yang lebih besar, lebih cepat dan lebih jauh jarak jangkaunya akan bisa menerbangkan bantuan baik barang maupun relawan lebih banyak ke Palu. Dengan demikian diharapkan proses evakuasi, rehabilitasi dan rekonstruksi daerah Palu dan sekitarnya bisa lebih cepat dilaksanakan," ujar Pelaksana Tugas Dirjen Peehubungan Udara Pramintohadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/10/2018).

Pramintohadi menjelaskan, untuk jadwal penerbangan pesawat komersial saat ini masih harus disesuaikan dengan slot yg tersedia di bandara karena kapasitasnya belum bisa 100 persen sama seperti sebelum gempa. Ada keterbatasan apron untuk parkir pesawat sehingga harus diatur agar bergantian dengan pesawat lainnya, khususnya yang membawa bantuan kemanusiaan.

Baca juga: Terminal Bandara Palu Kembali Beroperasi

“Untuk penumpang yang telah memiliki tiket akan diatur dan disesuaikan dengan tanggal tiket yang dimiliki. Yang telah memiliki tiket dengan tanggal keberangkatan yang paling awal (sebelum gempa) akan didahulukan. Saat ini Ditjen Hubud bersama stakeholder terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan baik pada sisi udara maupun gedung terminal agar layanan dapat maksimal," kata Pramintohadi.

Hingga saat ini, penerbangan reguler yang sudah beroperasi dengan pesawat jet B737-900/B737-800/A320 adalah Lion Air dan Batik Air, sedangkan Garuda Indonesia juga sudah beroperasi menggunakan pesawat jenis B737-800 NG.

Pesawat jet narrow body ini bisa mengangkut penumpang 150-200 orang atau 2 kali lipat dari kapasitas yang bisa diterbangkan dengan pesawat ATR 72 yang hanya bisa dilayani Bandara Mutiara SIS Al Jufri belakangan ini.

Total penumpang yang sudah bisa diangkut pesawat dari dan menuju Palu mulai tanggal 30 September hingga 7 Oktober 2018 mencapai 8.192 orang penumpang. Untuk tanggal 7 Oktober kemarin, total penumpang yang diangkut mencapai 2.535 orang.

Realisasi penerbangan dari dan ke Palu pada tanggal 7 Oktober, ada beberapa yang melakukan penerbangan yaitu Garuda, NAM, Wings, Batik, Lion Air dan My Indo Airlines (kargo sebanyak 12,2 ton bantuan dari BNPB berupa kebutuhan balita).

Saat ini juga telah mulai beroperasi penerbangan regular antara lain Garuda Indonesia rute Makassar-Palu dengan pesawat B737-800, Lion Air rute Makassar-Palu dengan pesawat jenis B737-900ER, Batik Air rute Makassar-Palu dengan pesawat jenis pesawat A320 dan rute Jakarta-Palu menggunakan pesawat jenis B737-800 serta Wings Air rute Luwuk-Palu dan Gorontalo-Palu dengan pesawat jenis ATR 72-600.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com