Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Survei hingga Dangdut, Jokowi Paparkan Fakta Indonesia Bahagia

Kompas.com - 11/10/2018, 20:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah fakta yang membuktikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara paling bahagia di dunia. Hal ini dijelaskan Jokowi pada acara Tri Hita Karana Forum on Sustainable Development di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

"Sebuah survei yang dilakukan pada tahun lalu oleh Gallup menempatkan Indonesia sebagai masyarakat paling bahagia kedelapan di dunia," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, sebuah survei lainnya juga menyebut Indonesia berada pada peringkat pertama masyarakat paling optimis di dunia untuk tahun 2018. Adapun survei tahunan yang digelar Edelman menyebut Indonesia berada pada peringkat kedua tertinggi dalam hal kepercayaan publik terhadap pemerintah, berada di bawah Swiss.

Indonesia, kata Jokowi, memang dihadapkan pada sejumlah tantangan seperti bencana alam yang melanda sejumlah wilayah beberapa tahun lalu. Namun, kondisi ini tak serta-merta melunturkan kebahagiaan masyarakat Indonesia.

"Akan tetapi, kalau Anda ingin mencari kebahagiaan, maka Anda datang ke tempat yang tepat, yakni Indonesia," sebut Jokowi.

Kepala Negara menyebut, Indonesia memang bukan negara paling kaya atau paling maju di dunia. Akan tetapi, Indonesia merupakan negara paling bahagia di dunia.

Bahkan, Jokowi juga memberikan saran kepada para investor yang hadir untuk memperoleh kebahagiaan ala masyarakat Indonesia. Yang dimaksudnya adalah dengan mendengarkan musik dangdut.

"Saya sangat merekomendasikan Anda untuk mendengarkan musik dangdut Indonesia. Ini adalah salah satu musik paling bahagia di dunia. Saya pun terjangkit musik dangdut Indonesia," ucap Jokowi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com