Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekspor, Produk Indonesia Akan Dijual di Taobao saat Singles Day

Kompas.com - 14/10/2018, 15:05 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan produk asal Indonesia akan hadir di situs belanja asal China, Taobao, saat Singles Day tanggal 11 November 2018 mendatang sebagai ajang pesta belanja e-commerce terbesar di sana.

Kepastian itu didapat setelah pemerintah bertemu dengan pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam salah satu kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali, Sabtu (13/10/2018).

"Jack Ma sebagai advisor, bukan sebagai Alibaba, sempat bicara secara khusus dengan steering committee dari peta jalan e-commerce. Fokusnya, bagaimana membantu ekspor dari Indonesia ke China agar ditingkatkan. Jadi diusulkan memanfaatkan 11 November, Singles Day," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam konferensi pers di Bali Collection, Sabtu petang.

Rudiantara menjelaskan, dari kesepakatan tersebut, pemerintah kini tengah mempersiapkan produk-produk apa saja yang akan ditaruh di Taobao untuk dijual. Taobao merupakan situs belanja online yang masih berada di bawah naungan Alibaba Group.

"Juga ada kejutan, nanti ada video Pak Jokowi, akan di-blast saat Singles Day nanti," tutur Rudiantara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam kesempatan berbeda menyampaikan, Kadin akan diundang ke China terlebih dahulu untuk lihat produk apa yang lebih diminati pembeli di sana. Kadin juga akan melihat sistem di gudang e-commerce mereka dan apa yang bisa diaplikasikan untuk hal yang sama di Indonesia.

"Ini merupakan salah satu prototipe, hasil seleksi dari Alibaba dan Indonesia sendiri. Jadi, ini bukan intervensi dari pemerintah dan belum ada target (penjualan), tapi tentu ini jadi pembelajaran agar tahun depan ekspor langsung ke China bisa meningkat," ujar Airlangga.

Nantinya, produk-produk Indonesia akan dibuatkan tempat khusus dengan nama Paviliun Indonesia. Jumlah produk diperkirakan lebih dari lima jenis dan bakal ada program promosi tertentu untuk lebih menarik pembeli saat Singles Day nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com