Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Indonesia Komitmen Lakukan Pembiayaan Infrastruktur Melalui RDPT

Kompas.com - 15/10/2018, 19:15 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Perusahaan asuransi Allianz Indonesia menggandeng BUMN, bank dan sejumlah investor lain meneken komitmen kerja sama pembiayaan infrastruktur melalui reksa dana dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Investasi reksa dana tersebut yakni investasi Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT). RDPT merupakan salah satu instrumen investasi pasar modal untuk penunjang dana infrastruktur.

RDPT ini merupakan pendanaan bersifat ekuitas sehingga Perseroan dapat mengurangi ketergantungan terhadap pendanaan yang bersifat hutang. Dengan demikian, Perseroan dapat menjaga kesehatan finansial perusahaan di tengah ekspansi yang dilakukan.

Kerja sama ini ditandatangani di sela-sela ajang pertemuan global International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) Annual Meeting di Nusa Dua, Bali, pada 8 – 14 Oktober 2018, dan ajang Forum Investasi Indonesia 2018 yang digelar di tempat yang sama.

Baca juga: Waskita Toll Road Gunakan Dana dari RDPT untuk Selesaikan Tol Trans Jawa

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, mengatakan pihaknya bangga bisa berinvestasi di sektor infrastruktur.

"Kami bangga ikut mendukung pembangunan infrastruktur serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata dia melalui rilis ke Kompas.com, Kamis (15/10/2018).

Joos Louwerier juga mewakili Allianz Indonesia sebagai panelis dalam Forum Investasi Indonesia 2018 yang mengangkat tema “A New Paradigm in Infrastructure Financing”.

Forum juga menampilkan banyak panelis internasional seperti dari World Bank, Moody’s, BlackRock, International Monetary Fund, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas.

Kemudian ada BPJT, Jasa Marga, AIA Group, Indonesia Infratructure Finance, Kementerian ESDM, Macquarie, Bank Mandiri, PLN.

Kemudian Bank Indonesia, Menteri Keuangan RI, Kepala OJK, Menteri BUMN, dan Menko Perekonomian Indonesia.

Forum Investasi Indonesia 2018 digelar di Conrad Nusa Dua Hotel, Bali merupakan bagian dari acara IMF–WB Annual Meeting 2018.

Peran Allianz

Sementara itu, Ni Made Daryanti, Chief of Investment Allianz Life Indonesia menjadi salah satu wakil investor dan mewakili manajemen Allianz Indonesia saat menghadiri acara penandatangan kerja sama investasi RDPT tahap II dengan Jasa Marga.

Menurut dia, Allianz Indonesia telah melakukan investasi di sektor pembangkit tenaga listrik dan jalan tol untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Joos Louwerier menambahkan, Allianz Indonesia selalu terbuka untuk menjajaki investasi yang saat ini menjadi sektor prioritas Pemerintah Indonesia.

Menurut dia, berinvestasi di sektor energi listrik, jalan tol, serta sektor-sektor terkait yang sedang menjadi prioritas Pemerintah merupakan investasi yang sesuai dengan kriteria jangka panjang dari Perusahaan Asuransi.

"Dengan risiko yang terukur akan sangat sepadan dalam berinvestasi jangka menengah dan jangka panjang,” ujarnya saat mengikuti acara panel diskusi yang dihadiri para pejabat Indonesia dan para CEO perusahaan global tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com