Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Agustus 2018, 398.326 Pekerja Migran Sudah Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 16/10/2018, 16:55 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Ketenagakerjaan mencatat per Agustus 2018 sudah sebanyak 398.326 tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Direktur BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif menuturkan jumlah itu terdiri dari 144.873 calon pekerja migran Indonesia yang tengah melakukan pelatihan kerja dan 253.489 PMI yang telah bekerja di luar negeri.

“Hal ini tidak lepas dari usaha kami dalam meningkatkan layanan dan perlindungan bagi para PMI”, ungkap Krishna saat Simposium BPJS Ketenagakerjaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Krishna menambahkan, simposium digelar untuk mendengarkan secara langsung keluhan dan masukan dari pekerja migran, pengamat, pemangku kepentingan dalam rangka memperbaiki kualitas manfaat dan infrastruktur & proses layanan di dalam negeri, luar negeri maupun secara digital.

“Kami ingin kehadiran negara dan pemerintah melalui sosialisasi dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan benar-benar dibutuhkan dan dirasakan pekerja migran di setiap negara, termasuk calon pekerja migran sebelum keberangkatan di setiap titik layanan di tanah air,” papar Krishna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com