Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Targetkan Desember Sudah Ada Pemenang Tender KA Makassar dan Bandara Komodo

Kompas.com - 17/10/2018, 19:13 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pemenang tender untuk jalur KA Makassar-Parepare dan Bandara Komodo di Labuan Bajo  pada akhir tahun ini.

Keduanya merupakan proyek dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) sektor transportasi.

"Ditargetkan Desember," ujar Budi Karya di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Dia menyebutkan, kedua proyek ini banyak diminati para investor saat pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pekan lalu.

Baca juga: Pemerintah akan Bentuk Konsorsium untuk Kelola Bandara Komodo

"Saya memang fokus di kedua tempat yaitu KA Makassar-Parepare satu lagi Bandara Labuan Bajo. Saya fokus menggiring sampai saat nanti di tender mendapatkan investor supaya langsung dapat. Jadi saya menghubungi para investor-investor dari Jepang, Korea, Eropa agar memastikan ini suatu proses yang baik," ucap dia.

Hal itu menurut Menhub, agar saat proyek dengan skema KPBU lainnya ditawarkan maka prosesnya bisa berjalan lebih mudah.

"Karena kalau itu sudah terjadi maka untuk program-program lain dan berada di tempat yang lain bisa lebih gampang. Kita ada puluhan tempat yang diberikan kesempatan. Kenapa dua tempat ini dulu? Karena skema legal dan skema keuangannya itu sudah clear semuanya, jadi lebih mudah," ujar Menhub.

Adapun nilai kedua proyek itu masing-masing KA Makassar-Parepare Rp 1,5 triliun,  sedangkan Bandara Komodo Labuan Bajo Rp 1,5 triliun -Rp 2 triliun.

Sebagai informasi, selain kedua proyek tersebut, pemerintah juga menawarkan sejumlah proyek lain sektor transportasi dalam pertemuan tersebut diantaranya, sektor kereta api yakni Tram Surabaya, LRT dan BRT Medan, Bandung Raya Metropolitan monorail.

Sektor udara yakni Bandara Internasional Kuala Namu Medan, Bandara Internasional Lombok, Soekarno Hatta Internasional Airport 2, Cargo Village Soekarno Hatta International Airport. Sektor Laut yakni Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Makassar New Port, Pelabuhan Kijing, dan Pelabuhan Anggrek.

Kemudian, sektor darat yakni Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad, TOD Jati Jajar, Proving ground BPLJSKB Bekasi, Jakarta elevated loopline, dan Mass Rapid Transit (MRT) service extension Jakarta- Lebak Bulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com