Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Dorong Bank Nasional Gandeng Alipay dan WeChat Pay

Kompas.com - 18/10/2018, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mendorong perbankan nasional untuk bekerja sama dengan sistem pembayaran berbasis server seperti Alipay dan WeChat Pay.
 
Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi para wisatawan mancanegara (wisman) dalam bertransaksi. Ini khususnya bagi wisman asal China yang menjadi penyumbang terbanyak kedatangan wisman ke Indonesia.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, besarnya jumlah wisman asal  China yang melancong ke Indonesia harus bisa dimanfaatkan oleh perbankan. Untuk itu, BI mendorong bank-bank nasional menggandeng Alipay dan WeChat Pay.

 
Adapun saat ini BI juga tengah mengkaji aturan standarisasi QR Code.

"Bagaimana kita fasilitasi itu, jadi WeChat dan Alipay harus kerjasama dengan bank nasional, supaya bank nasional mendapatkan kue dari transaksi turis dari China tersebut," kata Mirza pada acara temu media di Jakarta, Rabu (17/10/2018) malam.

Mirza mengungkapkan, hingga saat ini bank sentral terus melakukan pembahasan terkait aturan standarisasi QR Code. Aturan ini segera dikeluarkan untuk mendukung kegiatan sistem pembayaran nasional.

"Selama ini baru pilot project, nanti akan segera kami keluarkan," ucapnya.

Saat ini sistem pembayaran berbasis server, seperti Alipay dan WeChat Pay lebih banyak digunakan di China dibandingkan sistem pembayaran lainnya. Sistem pembayaran ini tidak membutuhkan alat pembaca dan banyak pebisnis lebih memilih untuk melakukan pindai barcode sebagai opsi untuk menerima uang.

 
Adapun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bahwa hingga semester I 2018 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Indonesia mencapai 7,53 juta orang. Salah satu yang terbanyak berasal dari China, yakni mencapai 1,048 juta orang dengan tujuan utama ke Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com