Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didorong Kenaikan Harga BBM Non Subsidi, Oktober Inflasi 0,12 Persen

Kompas.com - 19/10/2018, 14:16 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mencatat hingga minggu ketiga bulan Oktober ini, posisi inflasi berada pada kisaran 0,12 persen secara bulanan (mtm).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, dibanding dengan dua bulan sebelumnya yang mengalami deflasi, pada bulan Oktober ini terjadi inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak dan cabai merah.

"Itu memang pendorong utamanya adalah harga BBM non subsidi dan cabai merah," ujar dia ketika ditemui awak media di kawasan Bank Indonesia, Jumat (19/10/2018).

Sehingga secara tahunan, posisi inflasi hingga Oktober berada pada kisaran 3 persen. Perry menjelasksan, hingga akhir tahun, inflasi akan sesuai target 3,5 plus minus 1 persen. Sebab, beberapa komponen inflasi seperti inflasi inti, administered prices serta harga pangan terpantau rendah.

Bahkan beberapa komoditas seperti bawang merah dan daging ayam ras masih mengalami deflasi.

"Benar bahwa ini menunjukkan inflasi itu tetap rendah dan terkendali, sehingga itu mengonfirmasi perkiraan kita sebelumnya bahwa di akhir tahun inflasi secara keseluruhan untuk tahun 2018 akan berada di bawah 3,5 persen," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com