Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI: Posisi Nilai Tukar Rupiah Bergerak Stabil

Kompas.com - 19/10/2018, 15:03 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah dalam dua hari belakangan kembali melemah. Terakhir, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada Jumat (19/10/2018), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sebesar Rp 15.221.

Gubernur Bank Indonesia mengatakan, posisi nilai tukar rupiah bergerak stabil. Hal tersebut ditunjukkan dengan sistem mekanisme pasar yang berjalan dengan baik, serta kepercayaan pasar baik domestik maupun global terhadap Indonesia semaki membaik.

"Mekanisme pasar bergerak baik, menunjukkan confident pasar termasuk global, investor asing terhadap indonesia itu cukup baik," ujar Perry ketika ditemui awak media di kawasan Gedung Bank Indonesia, Jumat (19/10/2018).

Perry menilai, berbagai perkembangan yang terjadi di dunia global serta pengaruhnya terhadap pergerakan rupiah adalah hal yang wajar. Namun, pihaknya kembali menegaskan, rupiah terus bergerak stabil sesuai dengan mekanisme pasar.

"Perkembangan global biasa dari hari ke hari ada berita baru sehingga ya wajar kalau pergerakan nilai tukar secara global, untuk rupiah itu sebagian merespon," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com