Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Belajar Bisnis yang Mudah dan Murah

Kompas.com - 22/10/2018, 10:13 WIB
Erlangga Djumena

Editor

KOMPAS.com - Bagi yang ingin mencoba berbisnis, membanyangkan membuka usaha memang seolah rumit dan kenyataan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sedikit orang yang jatuh bangun serta dengan mudahnya gulung tikar saat mencoba peruntungan dari bisnis.

Untuk berbisnis, dibutuhkan nyali yang kuat dan sifat pantang menyerah agar dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Sayangnya, yang terjadi kerap kali berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan. Tetapi, tak semua bisnis itu sulit dijalankan.

Ada banyak jenis usaha yang sejatinya mudah bahkan hanya membutuhkan modal yang relatif cukup murah. Jika Anda benar-benar ingin terjun di dunia usaha, jangan ragu, mantapkan niat dan lakukan.

Meskipun berbisnis pada dasarnya tidak mudah, tetapi hal itu bisa dipelajari dengan adanya niat yang kuat.

Baca juga: Jumlah Entrepreneur di Indonesia Jauh di Bawah Negara Maju, Ini Kata Jokowi

Proses belajar akan jauh lebih mudah dan menyenangkan dengan adanya niat yang sungguh-sungguh dan semangat yang terus membara. Sehingga apa yang diinginkan tidak tertunda-tunda, melainkan terwujud dengan cepat. Semangat berwirausaha!

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara belajar bisnis dengan mudah dan murah yang bisa Anda jadikan langkah awal untuk mewujudkannya dan meraih sukses.

1.  Mulailah bisnis dari level yang paling rendah

Hidup itu ada tingkatannya. Sama seperti ketika menjalankan bisnis. Ada level bawah, menengah, dan level atas. Sebelum membangun bisnis yang besar, Anda harus memulai bisnis yang kecil terlebih dahulu. Misalnya dalam bisnis online, dimulai dari reseller, lalu lama-kelamaan menjadi produsen.

Ingat, kesuksesan tidak diperoleh dalam semalam, tapi membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun karena semuanya butuh proses yang amat panjang. Jaga semangat dan kerja keras Anda agar bisnis menuai kesuksesan.

2. Banyak baca buku seputar bisnis

Meskipun internet sudah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi seputar bisnis, tapi nyatanya Anda masih harus meluangkan waktu untuk membaca buku. Kenapa? Karena buku adalah jendela dunia. Informasi yang tertuang di buku jauh lebih lengkap dan mendalam.

Salah satu buku seputar bisnis yang bisa Anda jadikan referensi adalah Think Rich and Grow Rich karya Napoleon Hill. Buku ini berisi tips-tips seputar bisnis yang tertulis secara detail. Dengan membaca buku ini, pola pikir Anda mengenai bisnis pun akan ikut berubah.

3.  Memiliki pola pikir seperti pebisnis sukses

Memiliki pola pikir (mindset) seperti para pebisnis sukses akan membantu Anda untuk menggapai kesuksesan yang diimpikan. Pola pikir ini akan mengubah cara pandang Anda mengenai bisnis, sehingga Anda lebih menikmati proses dan mau belajar dari kesalahan yang dialami untuk menjadi lebih baik.

Mengubah pola pikir dapat dilakukan dengan cara berhenti memercayai mitos yang mengatakan kalau bisnis itu terlalu berisiko, bisnis itu hanya membuat orang bangkrut, dan lainnya. Jauhkan pemikiran negatif ini sebelum Anda membuktikannya sendiri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com