Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Targetkan Pertumbuhan Ekonomi hingga 6,8 Persen di 2019

Kompas.com - 22/10/2018, 14:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Nasdaq

HANOI, KOMPAS.com - Vietnam menargetkan pertumbuhan ekonomi antara 6,6 hingga 6,8 persen pada tahun 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc.

Dikutip dari Nasdaq, Senin (22/10/2018), Phuc memaparkan target pertumbuhan ekonomi tersebut dalam pidatonya di hadapan Majelis Nasional hari ini. Menurut Phuc, pertumbuhan ekonomi Vietnam salah satunya akan didorong oleh investasi asing yang deras masuk ke negara tersebut.

Phuc menjelaskan, arus investasi asing langsung alias foreign direct investment (FDI) yang masuk ke Vietnam diproyeksikan bakal mencapai rekor tertinggi pada tahun ini, yaitu 18 miliar dollar AS.

Selain target pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2019, Phuc juga menyebutkan target inflasi Vietnam untuk tahun 2019. Negara anggota ASEAN tersebut mematok target inflasi untuk tahun 2019 mencapai 4 persen.

Phuc mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Vietnam untuk tahun 2018 diprediksi di atas 6,7 persen. Adapun target inflasi diproyeksikan tetap di bawah 4 persen.

Meskipun demikian, Phuc menuturkan, masih ada tekanan terhadap target inflasi Vietnam untuk tahun ini. Beberapa faktor yang menekan target inflasi antara lain harga minyak mentah yang lebih tinggi, tarif listrik, hingga layanan pendidikan dan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com