Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Minta Masyarakat Waspada dan Teliti Pilih Fintech

Kompas.com - 28/10/2018, 16:14 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan, belum semua financial technology (fintech) terdaftar di OJK.

Atas dasar itu, Tirta meminta masyarakat waspada terhadap tawaran fasilitas pinjaman yang diberikan fintech. Sebaiknya masyarakat menghubungi call center OJK untuk mengetahui apakah fintech tersebut sudah terdaftar atau belum.

"Ada fintech yang terdaftar ada yang belum, itu yang kita warning, hati-hati. Kalau dapat penawaran (dari fintech) coba telepon ke 157," ujar Tirta di Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Tirta menambahkan, sejauh ini baru ada 72 fintech yang berada di bawah pengawasan dari OJK. Dia pun meminta masyarakat waspada jika mendapat penawaran dari fintech yang belum terdaftar di OJK.

Baca juga: fintechh P2P Lending Patok Bunga Hingga 50 Persen, Ini Kata OJK

Ia menjelaskan, fintech berbeda dengan perbankan. Perbankan memiliki Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk melindungi nasabah, sedangan fintech belum memiliki lembaga perlindungan untuk nasabahnya.

"Kalau di bank ada jaminan dari LPS kalau di fintech belum ada fasilitas penjamin. Jadi yang penting pemilik uang itu harus tahu risiko, jangan sampai dia hanya tahu benefit-nya saja," kata Tirta.

Baca juga: OJK: NPL Fintech P2P Lending Ada Dikisaran 1 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com