Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil Alih Pengelolaan 3 Bandara, AP I Siapkan Rp 550 Miliar

Kompas.com - 28/10/2018, 23:40 WIB
Mutia Fauzia,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

BONTANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (AP I) akan mengambil alih pengelolaan tiga bandara yang sebelumnya dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan tiga bandara, yaitu Bandara Sentani, Bandara Luwuk, dan Bandara Samarinda sebesar Rp 550 miliar.

"Tahun ini diharapkan akan ada Sentani, Luwuk, dan Samarinda, baru diharapkan tahun ini. Kemarin rencana Palu, tapi enggak jadi karena ada bencana," ujar Faik ketika ditemui awak media saat Rapat Koordinasi BUMN di Bontang, Minggu (28/10/2018) malam.

Baca juga: AP I Tambahkan Kata Jenderal pada Nama Bandara Ahmad Yani Semarang

Jika dirinci, nilai investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan masing-masing bandara, untuk Sentani sebesar Rp 300 miliar, Bandara Luwuk sebesar Rp 60 miliar, dan Bandara Samarinda sebesar Rp 190 miliar. Sumber pendanaan tersebut berasal dari internal perusahaan berupa ekuitas.

"Kita enggak ada rencana kerjasama kalau rencana kerja sama ini adalah Bandara Lombok kita akan mengundang (untuk kerjasama)," ujar dia.

Lebih lanjut, Farik mengatakan tahun ini AP I juga berencana untuk mengembangkan pengelolaan Bandara Sorong, Tarakan, dan Brau. Namun, rencana tersebut ditunda hingga proses pengembangan ketiga bandara tersebut selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com