Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Optimistis 16 Kapal untuk Tol Laut Rampung Akhir 2018

Kompas.com - 29/10/2018, 17:37 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pembuatan 100 kapal untuk tol laut bakal rampung pada akhir 2018. Adapun kini pemerintah masih menyelesaikan pembuatan 16 kapal dari target 100 tersebut.

"Pembangunan 16 kapal ini masih dalam proses dan on progres. Harapannya bisa selesai Desember nanti," kata Budi Karya di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Optimisme itu muncul setelah beberapa waktu lalu Budi Karya mengunjungi pabrik PT Daya Radar Utama (DRU) selaku pembuat kapal tersebut di Jawa Timur. Diketahui, PT DRU tengah menyelesaikan 13 kapal baru dan sisa tiga kapal lainnya dikerjakan oleh galangan lainnya.

Budi Karya pun memastikan bahwa pembuatan 16 kapal itu sedikit lagi selesai lantaran sudah melebihi 50 persen.

"Kondisi pembuatan kapal-kapal ini sudah 80 persen, bahkan ada yang sudah 90 persen," sambung dia.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut telah memesan 100 unit kapal guna mendukung tol laut. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub Agus Santoso menyatakan bahwa kapal yang dipesan terdiri atas beberapa jenis, yakni perintis, kontainer, ternak, dan rede.

Agus menambahkan, PT DRU Lamongan mengerjakan delapan unit kapal perintis tipe GT 2.000 dan lima jenis kapal kontainer tipe 100 TEUs.

"Dari jumlah kapal yang dibangun di galangan kapal PT DRU itu, dua unit kapal perintis GT 2.000 sudah selesai secara fisik dan sedang menunggu mobilisasi," ungkap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com