Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun 20,5 Persen, Laba Telkom Kuartal III Capai Rp 14,23 Triliun

Kompas.com - 30/10/2018, 06:09 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) pada kuartal III 2018 mencatat laba sebesar Rp 14,23 triliun. Jumlah ini merosot 20,59 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 17,92 triliun.

Padahal pendapatan perusahaan telekomunikasi pelat merah ini mengalami peningkatan 2,3 persen menjadi Rp 99,2 triliun.

Dikutip dari Kontan, penurunan laba tersebut antara lain karena naiknya beban operasional pemeliharaan dan jasa telekomunikasi yang mencapai Rp 33,43 triliun dari sebelumnya Rp 27,110 trilliun. Sehingga margin laba kotor Telkom hanya 29,68 persen, turun dari 36,69 persen pada periode yang sama tahun 2017.

Berdasarkan laporan keuangan Telkom yang dirilis Senin (29/10/2018), kenaikan beban operasional paling besar disebabkan oleh operasi dan pemeliharaan Rp 17,49 trilliun sementara beban pokok jasa teknologi informatika Rp 3,851 trillun.

Baca juga: Telkom Mengaku Tidak Pekerjakan Tenaga Kerja Asing

Sementara itu Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen menyampaikan, kinerja kuartal III jauh lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Peningkatan ini merupakan hasil dari upaya Perseroan dalam memperkuat kinerja segmen bisnis mobile, disamping terus menumbuhkan segmen bisnis fixed line dan melakukan pengelolaan biaya secara efektif,” ujar Harry dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dibanding kuartal II, pendapatan emiten berkode TLKM ini tumbuh 8,8 persen. Menurut dia, pendapatan yang naik signifikan ini sebagai hasil dari upaya monetisasi layanan data dan pengendalian biaya yang berjalan dengan baik.

Sebagai hasilnya, EBITDA dan Net Income tumbuh cukup tinggi masing-masing sebesar 35,5 persen dan 86,7 perse dibanding kuartal sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com