Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Pabrik, Kalbe Farma Incar Vietnam hingga Filipina

Kompas.com - 31/10/2018, 08:39 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk tengah mempersiapkan ekspansi pabrik ke Asia Tenggara. Saat ini, tengah berjalan pembangunan pabrik di Myanmar.

Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, saat ini pabrik tersebut masih dalam tahap konstruksi. Dana untuk konstruksi disiapkan dari belanja modal 2018 sekitar Rp 1,5 triliun.

"Yang proyek Myanmar (totalnya) kurang lebih Rp 15 juta-20 juta dollar AS," ujar Vidjongtius di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Pembangunan pabrik di Myanmar dilakukan dengan skema joint venture dengan perusahaan distributor swasta. Produk yang diproduksi dan dipasarkan di sana utamanya adalah Mixagrip karena menjadi produk unggulan.

Vidjongtius memastikan Kabe Farma menguasai joint venture tersebut dengan porsi 90 persen.

"Yang luar cuma partner distribusi saja," kata Vidjongtius.

Selain Myanmar, Kalbe Farma juga melirik Vietnam dan Filipina sebagai target ekspansi selanjutnya. Kalbe Farma juga sudah memiliki pabrik di Nigeria.

Saat ini, pendapatan pasar dari dalam negeri sebesar 94 persen dan 6 persen dari luar negeri. Vidjongtius menargetkan, dengan ekspansi yang ada, persentasi pendapatan pasar dari luar negeri bisa menjadi 10 persen.

"Kita tambah satu atau dua lagi lah. Tiga tahun bikin pabrik tidak cukup, paling tidak sampai empat tahun," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com