Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Pembangunan PLTU Batang Sudah 57,2 Persen

Kompas.com - 01/11/2018, 07:56 WIB
Ari Himawan Sarono,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Progres pembangunan PLTU Batang, Jawa Tengah berkapasitas 2 x 1.000 MW sudah mencapai 57,2 persen. Generator sebagai mesin utama penggerak proyek yang dimiliki oleh PT Bhimasena Power Indonesia ini, untuk unit satu mulai diangkat untuk didudukkan di dalam bangunan gedung pembangkit.

Proses pengangkatan generator untuk unit satu dilakukan menggunakan crane berkapasitas 1.600 ton. Pengangkatan generator ini, merupakan salah satu percepatan pembangunan agar target Commissioning Operational Date (COD) berjalan tepat waktu, yakni unit satu pada bulan Mei 2020 dan unit dua pada bulan November 2020.

“Progres pembangunan PLTU Jawa Tengah ini terus meningkat dan kini sudah mencapai 57,2 persen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang siginifikan terhadap perkembangan proyek," kata Takashi Irie, Presiden Direktur Bhimasena Power Indonesia, Rabu (31/10/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, proyek dengan nilai 4,2 miliar dollar AS yang diprakarsai oleh perusahaan konsorsium J-Power, Adaro Power dan Itochu ini merupakan salah satu proyek 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Diharapkan PLTU terbesar di Asia Tenggara ini akan beroperasi tepat waktu.

Wasistho Adjinugroho, Direktur External Relations Bhimasena Power Indonesia menambahkan, PLTU Batang merupakan ikon pertama proyek kerja sama pemerintah dan swasta pada sektor penyediaan listrik di Indonesia.

“PLTU Batang ini merupakan PLTU di Indonesia yang menggunakan teknologi tinggi dan ramah lingkungan, yakni Ultra Supercritical," jelas Wasistho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com