Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: "Black Box" Lion Air JT 610 Baru Ditemukan Satu Bagian

Kompas.com - 01/11/2018, 14:37 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 baru satu bagian yang ditemukan.

Menurut dia, dalam satu pesawat terdapat dua bagian black box. Black box terdiri dari flight data recorder (FCR) dan voice cockpit recorder (VCR).

"Satu (untuk) merekam pembicaraan, yang satu merekam perjalanan pesawat. Berarti ini baru satu, diharpakan satu bisa ditemukan agar makin lengkap," ujar Budi di kantornya, Kamis (1/11/2018).

Budi menambahkan, kotak hitam tersebut nantinya akan diberikan ke KNKT untuk dilakukan penelitian untuk mengetahui penyebab pastinya kecelakaan pesawat tersebut.

Baca juga: Kotak Hitam Lion Air JT 610 Diserahkan ke KNKT

"Selanjutnya yang ada di black box kita dapat memberikan kesempatan KNKT untuk melakukan penelitian, untuk selanjutnya memberikan hasil kepada kami," kata Budi.

Kotak hitam itu ditemukan tim penyelam TNI Angkatan Laut di kedalaman 25-35 meter di perairan Tanjung Karawang. Titik penemuan kotak hitam berdasarkan deteksi Kapal Baruna Jaya.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat itu mengangkut 178 orang dewasa, 1 anak, 2 bayi, serta 2 pilot dan 6 awak pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com