Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Perancis Gandeng 4 Perusahaan Indonesia Kembangkan Energi Terbarukan

Kompas.com - 01/11/2018, 22:12 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN Energi asal Perancis Electricite de France (EDF) Energy menggagas empat proyek kolaborasi dengan empat perusahaan Indonesia untuk mengembangkan energi terbarukan.

Adapun keempat perusahaan tersebut adalah PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya PT Indonesia Power, Kencana Energi Dunia, dan Adaro Energi.

Direktur Internasional Group Member Komite Eksekutif Marianne Leigneau menjelaskan, kerja sama ESF dengan beberapa perusahaan Indonesia untuk menunjukkan kapasitas EDF sehingga Indonesia bisa mengembangkan ekosistem energi di Indonesia.

"Memang baru satu tahun di Indonesia namun kami sudah mulai buka beberapa kerja sama dan project opportunity karena itu kita tunjukan Indonesia bisa rely to EDF untuk membantu mengembangkan ekosistem energi di Indonesia," jelas Marianne ketika memberikan penjelasan kepada awak media di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Baca juga: Ragam PR untuk Kembangkan Energi Terbarukan di Indonesia

Lebih lanjut dijelaskan, penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Adaro meliputi elektrifikasi di daerah-daerah terpencil drngan kombinasi biomasa, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dab baterai. Proyek tersebut saat ini sedang dikembangkan untuk diujicobakan di suatu pulau dengan populasi 5.000 orang.

"Itu nanti digunakan untuk rumah tangga dan lokal industri," sebut Chief Representative Director EDF Indonesia Frederic Fontan.

Sementara itu dengan Indonesia Power dan PLN juga sedang dalam proses studi pengembangan PLTS, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) serta pengembangan aset untuk pulau atau daerah terpencil.

Adapun nilai investasi belum dapat dipaparkan lantaran sampai saat ini yang dilakukan baru studi serta uji kelayakan dari proyek.

"Sehingga besaran investasi tudak dibatasi dan tergantung hasil uji kelayakannya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com