Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhiri Pekan, Rupiah Menguat ke Rp 14.955 Per Dollar AS

Kompas.com - 02/11/2018, 19:14 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Dihujani berbagai sentimen positif baik dari domestik maupun luar, rupiah kembali menguat ke bawah level Rp 15.000 per dollar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (2/11/2018).

Di pasar spot, mata uang Garuda menguat tajam sebesar 1,14 persen ke level Rp 14.955 per dollar AS.

Bukan hanya itu, rupiah juga menguat 1,72 persen dalam sepekan. Tidak berbeda dengan dengan pasar spot, rupiah juga menguat 0,70 persen menjadi Rp 15.089 per dollar AS dalam data kurs tengah versi Jakarta Interbank Spot Dollar (Jisdor). Dalam sepekan, rupiah juga menguat 0,78 persen.

Kepala Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro mengatakan, penguatan rupiah lebih didorong oleh faktor eksternal. Harga minyak sedang menurun drastis.

Baca juga: "Obat" Baru Stabilkan Rupiah Resmi Diterapkan, Bagaimana Khasiatnya?

“Perusahaan-perusahaan minyak di luar mulai menaikkan produksinya sehingga supply berlebihan sehingga harga minyak turun,” kata Satria.

Penurunan harga minyak mengakibatkan mata uang negara-negara importirnya menguat seperti di Indonesia dan India. Harga minyak yang belum beranjak membuat pelaku pasar melihat hal ini bisa berdampak pada terpangkasnya defisit neraca berjalan.

Faktor lain, Presiden AS Donald Trump melakukan dialog mengenai perjanjian perdagangan dengan China. “Ini memberikan pengaruh positif yang besar bagi mata uang Asia yang selama ini terombang-ambing ketidakpastian akibat trade war,” ucap Satria.

Berdasarkan twit dari akun Twitternya, Trump mengatakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping berjalan dengan baik jelang rencana pertemuan kedua pemimpin di acara G20 di Argentina akhir bulan ini.

Di sisi lain, mata uang yuan juga menguat drastis terhadap dollar. Penguatan mata uang juga terjadi di Asia Pasifik, India oleh karena adanya optimisme akan berakhirnya trade war.

Namun, Satria tidak memungkiri rupiah cukup tinggi potensinya untuk balik ke level Rp 15.000. “Technical correction yang drastis setelah ini akan banyak aksi beli dollar yang bisa menekan rupiah ke depan. Banyak investor yang akan menggunakan kesempatan ini di dollar di harga yang cukup kompetitif,” jelas Satria.

Pekan depan ada data pergerakan defisit transaksi berjalan yang diperkirakan di sekitar 3,3 persen dari produk domestik bruto pada kuartal ketiga. Ini bisa menjadi sentimen domestik penekan bagi rupiah. Satria memproyeksikan rupiah di perdagangan Senin (5/11) di level Rp 15.040-Rp 15.090 per dollar AS. (Disa Ayulia Agatha)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Dihujani sentimen positif, rupiah kembali ke level Rp 14.955


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com