Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Kuartal III 2018, Penyaluran Pinjaman Fintech UangTeman Lebih dari Rp 300 Miliar

Kompas.com - 02/11/2018, 20:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan layanan teknologi keuangan (fintech) peer to peer lending PT Digital Alpha Indonesia atau UangTeman melaporkan penyaluran pinjaman lebih dari Rp 300 miliar. Angka ini naik lebih dari 300 persen.

"Hal ini sejalan dengan tumbuhnya jumlah nasabah baru sebesar 6 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata CEO dan Co-founder UangTeman Aidil Zulkifli dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (2/11/2018).

UangTeman kini telah melayani lebih dari 60.000 akun nasabah. Adapun rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) tercatat di bawah 3 persen.

"UangTeman berorientasi untuk memberikan pinjaman yang aman dan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami pun memiliki fokus yang kuat untuk usaha yang berkesinambungan dengan menerapkan seleksi calon nasabah yang cepat dan akurat sehingga kualitas penyaluran pinjaman kami terus terjaga, meskipun secara kuantitas meningkat tajam,” ujar Aidil.

Berdasarkan portfolio pinjaman, lebih dari 30 persen pinjaman ditujukan untuk keperluan pengembangan usaha kecil menengah, sedangkan 25 persen untuk keperluan darurat terkait pendidikan. Adapun 20 persen sisanya untuk keperluan darurat terkait kesehatan dan sisanya lebih ke konsumsi.

“UangTeman fokus menyasar segmen ritel, transaksi mikro termasuk para pelaku usaha mikro hingga ke sejumlah daerah di Indonesia," imbuh Aidil.

Chief Technology & Operations Officer (CTOO) UangTeman Sukan Makmuri mengatakan UangTeman telah menerapkan standar ISO/IEC 27001 terkat dengan sistem manajemen pengamanan informasi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016.

“Sertifikasi ISO/IEC 27001 dan sistem yang kami terapkan saat ini merupakan bentuk keseriusan dalam manajemen risiko dan menjaga keamanan data dari setiap pelayanan yang kami berikan kepada pengguna," tutur Sukan.

UangTeman juga telah menerapkan sejumlah fitur pelayanan seperti One Tap Pay, agar nasabah bisa memilih bank untuk pembayaran pinjaman dengan sekali tap.

Kemudian Advance Notification System yakni mengingatkan batas waktu pengembalian pinjaman nasabah, dan DEEP yakni fitur untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com