Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

PGN Dukung Pengembangan Kawasan Industri di Purwakarta

Kompas.com - 05/11/2018, 18:00 WIB
Haris Prahara,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Perum Jasa Tirta II dan PT Multi Optimal Sentosa untuk mengembangkan kawasan industri Purwakarta, Jawa Barat.

MoU itu ditandatangani bersama antara Direktur Utama Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro, Direktur Utama PGN Gigih Prakoso, dan Kuasa Direksi PT Multi Optimal Sentosa Hadi Setiadarmaho. Adapun MoU berlaku secara resmi pada Senin (5/11/2018).

Saat ini, PT Multi Optimal Sentosa merupakan badan usaha yang tengah mengembangkan kawasan industri terpadu di Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam pengembangan dan pembangunan kawasan industri terpadu itu, perusahaan menggandeng PGN dan Perum Jasa Tirta II untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pihak industri.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengungkapkan, dengan ditandatanganinya MoU antara ketiga pihak, pengembangan kawasan industri akan menghadirkan kenyamanan beraktivitas bagi pelaku industri yang kelak menghuni kawasan.

Baca juga: PGN Sambung Jaringan Gas 56,9 Km di Probolinggo

Terlebih lagi, tambah dia, baik PGN maupun Perum Jasa Tirta II telah sarat pengalaman menangani banyak klien komersial, termasuk industri besar.

Selain itu, Gigih menilai MoU tersebut mencerminkan kuatnya sinergi antara entitas bisnis guna menggerakkan perekonomian nasional.

"Sinergi itu sangat dibutuhkan, pelaku industri harus bersinergi dengan pengembang kawasan, begitu pun pengembang kawasan mesti bersinergi pula dengan pihak lain, termasuk kepada penyedia fasilitas,” katanya.

Dalam MoU, disebutkan nantinya PGN akan menopang sebagaimana kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk dipergunakan bagi PT Multi Optimal Sentosa. Begitu pun untuk peran Perum Jasa Tirta II yang juga akan dimanfaatkan bagi pengembangan kawasan industri.

Ke depannya, MoU akan lebih dimatangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama atau dokumen tertulis lainnya. Perjanjian itu bakal menjadi acuan untuk pemanfaatan fasilitas serta skema teknis lainnya.

Salah satu contoh sinergi yang telah dilakukan dengan kawasan industri yang sudah memanfaatkan layanan PGN, yaitu Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur. Kawasan industri itu dikelola oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com