Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Ingin Pembangunan MRT Fase Dua Dimulai Akhir Tahun 2018

Kompas.com - 06/11/2018, 19:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan mempercepat pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase dua. Rencananya, proyek tersebut dimulai pada akhir tahun ini.

"Arahan Presiden sangat menantang, beliau ingin kita sudah segera mulai pembangunan fase II ke Stasiun Kota. Bahkan setelah itu dimungkinkan bisa ke lebih timur hingga Ancol," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/11/2018).

Budi menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo pembangunan MRT jalur timur barat (lintas Balaraja-Cikarang) bisa bersamaan dengan pembangunan fase dua dari Bundaran HI sampai Ancol.

"Dari Cikarang - Balaraja itu 87 km. Di Jakarta sendiri itu nanti underground (bawah tanah) tapi begitu keluar Jakarta itu elevated," kata Budi.

Budi mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengapresiasi persiapan - persiapan yang dilakukan untuk MRT. Dua menjelaskan, ujicoba MRT yang dilakukan dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus ini dianggap stabil.

"Saya coba MRT dari tadi malam, saya pikir kualifikasinya bagus sekali. 15 menit saya berdiri keretanya sangat stabil. Pak Presiden tadi juga mengapresiasi bahwa apa yang ada di MRT begitu stabil. Ini menunjukkan persiapan-persiapannya sudah baik," ucap dia.

Sebelumnya, Progres pekerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta lintas Lebak Bulus - Bundaran HI sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan sudah beroperasi penuh pada Maret 2019. Hal ini disampaikan Presiden usai melakukan peninjauan proyek pembangunan MRT Jakarta di Stasiun HI dan Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut MRT William Sabandar. Peninjauan dimulai dari Stasiun Bundaran HI hingga Depo MRT Lebak Bulus, lalu kembali lagi menuju ke Stasiun Bundaran HI dengan menggunakan MRT.

“Kita mencoba MRT dari Bundaran HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini telah selesai 97 persen, jadi kurang 3 persen, kita harapkan Maret 2019 sudah selesai. Ini uji coba terus,” ucap Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com