Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berseteru dengan Pemerintah, Gubernur Bank Sentral India Bakal Mundur

Kompas.com - 07/11/2018, 13:35 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NEW DELHI, KOMPAS.com - Di tengah ketegangan yang terjadi antara bank sentral India Reserve Bank of India (RBI) dengan pemerintah yang meningkat, Gubernur RBI Urjit Patel kemungkinan akan memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya.

Pengumuman mundurnya Patel kemungkinan dilakukan pada pertemuan dewan gubernur 19 November 2019 mendatang.

Dikutip dari Moneylife India, Rabu (7/11/2018), pemerintah dan bank sentral dalam beberapa minggu belakangan terus berseteru terkait seberapa besar otoritas yang dimiliki oleh RBI.

Pemerintah India dan bank sentral telah berjuang selama berminggu-minggu mengenai seberapa banyak otonomi yang harus dimiliki RBI ketika pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi berusaha mengurangi batasan pinjaman serta berupaya untuk mendapatkan akses terhadap cadangan surplus RBI.

Ketegangan pun memburuk ketika salah satu deputi gubernur menyatakan pada bulan lalu bahwa meruntuhkan independensi bank sentral akan berpotensi memperparah situasi.

Disampaikan pula dalam laporan Moneylife tersebut, kemungkinan besar Patel akan mengundurkan diri pada pertemuan dewan gubernur. Alasannya, Patel merasa tak lagi sanggup menghadapi perseteruan dengan pemerintah yang membuat kondisi kesehatannya memburuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com