Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Daftar 10 Maskapai Paling Aman di Dunia

Kompas.com - 08/11/2018, 09:29 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Saat kita melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara, faktor keselamatan tentu menjadi prioritas utama.

Karena itu, dalam memilih penerbangan, tentunya faktor maskapai menjadi pilihan teratas. Sejumlah maskapai penerbangan memang dikenal menjadikan keselamatan penumpang sebagai prioritas, selain kenyamanan.

Laman AirlineRatings.com pun merilis daftar maskapai penerbangan paling aman di dunia. Setidaknya ada 20 maskapai yang dinilai minim kecelakaan dalam kurun waktu tertentu. Seleksi dilakukan dari 409 maskapai.

Beberapa hal dievaluasi, antara lain kepatuhan terhadap aturan internasional, rekam jejak kefatalan dalam setidaknya dalam 10 tahun terakhir, dan usia armada.

Kemudian, hasil audit keselamatan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), dan apakah negara asal maskapai patuh dengan delapan poin parameter yang telah ditetapkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Berikut daftarnya, yang disajikan dalam bentuk infografik:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo infografik: 10 Maskapai Paling Aman di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com