Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terpuruk, Perekonomian Korban Gempa Lombok Mulai Bangkit

Kompas.com - 08/11/2018, 10:15 WIB
Reni Susanti,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Gempa yang meluluhlantakkan sebagian Lombok, Nusa Tenggara Barat belum lama ini, membuat perekonomian warga ikut lumpuh.

“Lombok, terutama Lombok Utara sempat break tiga bulan. Selama itu, mereka berjuang mengembalikan perekonomian mereka,” ujar Ketua Pengurus Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Slamet Riyadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (8/11/2018).

Komida merupakan koperasi yang memberdayakan perempuan miskin di perkampungan.

Saat ini, Komida memiliki 560.000 anggota di 12 provinsi di Indonesia. Di Lombok, terutama Lombok Utara yang menjadi lokasi terdampak gempa terparah, anggotanya mencapai 11.000.

Selama tiga bulan pasca gempa, anggota Komida di Lombok tidak mampu mengembalikan pinjaman. Hal ini membuat rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) Komida di Indonesia melonjak dari 0,3 persen menjadi 0,6 persen.

“Kami prihatin, kami pun tidak bisa berbuat apapun ketika bencana menerjang dan masyarakat tidak mampu bayar (cicilan),” tuturnya.

Setelah tiga bulan berlalu, perekonomian masyarakat Lombok kembali menggeliat. Kini, para anggota mulai mencicil kembali kewajibannya.

“Sekarang sudah mulai normal, walau belum 100 persen normal,” ungkapnya.

Slamet optimistis, setelah perekenomian masyarakat kembali normal, angka NPL bisa ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com