Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Targetkan Jadi 5 Besar Perusahaan Asuransi, Avrist Perkuat Keagenan

Kompas.com - 12/11/2018, 14:14 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operation and Legal Director PT Avrist Assurance (Avrist) Makki I. Kusuma mengatakan, untuk mencapai target perusahaan agar bisa masuk 5 besar asuransi terbaik di Indonesia, pihaknya akan terus perkuat saluran keagenan di tahun 2019.

“Tahun lalu jumlah agen kita sekitar 8.000-an, tapi banyak yang tidak aktif. Akhirnya kita saring lagi sampai saat ini 2.000-3.000 agen aktif,” jelas Makki di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dia menyampaikan, untuk tahun 2019 agen aktif diproyeksikan bisa tumbuh 20-30 persen dari total saat ini.

“Estimasi tahun depan kita akan rekrut lagi. Tapi total aktif agen 20-30 persen naik, jadi bisa 3.000 atau 4.000 agen yang aktif,” ucap Makki.

Makki tak menampik, gelora saluran agen memang masih minim menyumbang, yakni hanya 20 persen dari total raihan premi gross Avrist yang hingga Oktober 2018 ini mencapai Rp 1,4 triliun.

“Sebenarnya yang tumbuh baik itu untuk tahun ini dari asuransi kumpulan yang menyumbang 60 persen, kemudian 20 persen dari bancassurance dan 20 persen dari agency channel. Tahun depan tentunya menguatkan lagi di channel agency kita, menguatkan juga di channel bancassurance kita,” tandas dia.

Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan produk-produk yang terjangkau agar bisa diakses oleh masyarakat. Kemudian, perbaikan dari segi pelayanan maupun ekspansi kerja sama dengan bank-bank.

“Untuk channel agency yaitu produk terjangkau dan keluarkan aplikasi agar agen juga lebih aktif menjual kepada customer. Agency kelihatannya memang butuh banyak inisiatif. Kita mengharapkan lebih kuat di saluran agen lagi, terus tahun depan juga mengharapkan dibancassurance ekspansi ke bank-bank partner,” jelas Makki.

Dia menyebutkan, ada 3 bank yang dibidik untuk diajak bekerja sama yang akan dimulai pada kuartal II tahun 2019.

“Tahun depan kita ada sekitar 3 bank yang akan dimulai di second quarter. Tahun ini sudah bekerja sama dengan beberapa bank, terbaru akhir bulan nanti akan keluarkan produk syariah dengan OCBC,” papar Makki.

Oleh karenanya, Makki optimis bisa masuk ke jajaran 5 pemain terbaik asuransi di Indonesia tahun 2019 nanti.

“Tatangan sistem asuransi juga butuh kemampuan teknologi dan butuh kemampaun tim. Namun, kita yakin kita bisa tercapai tahun depan. Sekarang, Avrist sudah masuk ke top 10 urutan ke 6 atau 7,” tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com