Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Bagikan 40.000 Buku ke 111 Sekolah di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2018, 14:04 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk secara resmi menggelar seremoni penutupan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia.

Gerakan ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 2,45 miliar dengan nilai total dana yang disalurkan Rp 2,55 miliar yang dikonversi menjadi 43.734 buku dan disalurkan ke 111 sekolah di 60 area di indonesia.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, gerakan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat membaca di berbagai pelosok indonesia dengan memberikan buku sebagai sarana penunjang belajar.

“Kami sangat menyadari bagaimana buku menjadi sangat berharga di pelosok yang kesulitan akses, dan BCA bersyukur bisa berkontribusi menyalurkan buku yang kami harapkan dapat menjadi salah satu penunjang untuk membawa mimpi bagi anak bangsa kita," ujar Jahja di Menara BCA Jakarta, Rabu (13/11/2018).

Dalam kegiatan seremoni ini, BCA membagikan buku bacaan kepada empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) yaitu SDN Telaga Asih 01, SDN Parung 4, SDN Taktakan 1, SDN Taktakan 2.

Sumbangan buku BCA ke sejumlah sekolah ini pun diganjar penghargaan dari MURI karena Rekor Donasi Kepada Anak di Sekolah Dasar Negeri Terbanyak.

Gerakan berbagi #BukuUntuklndonesia yang diadakan sejak bulan Maret 2017 lalu, yakni melakukan penggalangan dana yang berlangsung dari tanggal 15 Maret 2017 hingga 21 Februari 2018.

Buku-buku tersebut kemudian disalurkan kepada sekolah-sekolah penerima donasi, yang antara lain tersebar di Aceh dan Lampung mewakili Sumatera, Garut dan Solo mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewaknll Sulawesi, serta Kupang.

”Akses anak bangsa terhadap buku harus dibuka seluas-Iuasnya. Pada era digitalisasi ketika teknologi sudah mulai merambah hingga ke pelosok negeri, anak bangsa perlu diimbangi dengan penyediaan buku-buku yang berkualitas. Semoga aksi berbagi ini dapat berkontribusi positif membawa mimpi bagi anak bangsa untuk masa depan yang lebih baik," sebut Jahja.

Sementara itu, Andy F. Noya selaku duta baca tahun 2011-2015 juga menyampaikan, akses anak-anak di daerah dan pedesaan cukup sulit untuk mendapatkan buku bacaan yang berkualitas.

“Kalau di kota-kota besar relatif gampang dan kemampuan untuk membelinya pun mampu. Sedangkan, di daerah kontras sekali keadaannya. Kalaupun aksesnya ada kemampuan untuk membelinya cukup sulit. Menurut saya ini adalah suatu terobosan untuk memutus rantai kesulitan ini. Antusiasme dari sekolah-sekolah yang diberikan pun sangat baik,” ucap Andy dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com