Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2019, Mandiri Rilis Fitur Pembayaran dengan QR Code

Kompas.com - 14/11/2018, 16:13 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan merilis fitur pembayaran Mandiri Pay pada Januari 2019 mendatang.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wiryaatmadja mengatakan, fitur pembayaran ini berbasis quick response code (QR code) yang terintegrasi dengan akun e-wallet, kartu debit, serta kartu kredit milik nasabah.

Sementara saat ini, proses pengembangan transakasi menggunakan QR code Bank Mandiri sedang menunggu izin dari Bank Indonesia (BI).

"Kita Januari akan launch Mandiri Pay, ini QR based payment dengan smartphone yang nanti link ke e-wallet, debit card dan credit card," ujar Kartika ketika memberi paparan kepada awak media di kantornya, Rabu (14/11/2018).

Lebih lanjut Kartika menjelaskan, instrumen pembayaran dengan QR code ini dapat digunakan untuk produk ritel dan transportasi.

Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan metode pembayaran dengan QR code dapat digunakan untuk transaksi-transaksi bernilai lebih besar jika secara keamanan dan kecepatan proses transaksi semakin meningkat.

"QR ini kan memang nggak terlalu cepat ya, karena kan harus ada proses. Kami akan arahkan ke ritel seperti groceries dan payment untuk transportasi. Jadi small ticket item," ujar Kartika.

Menurunya, dalam satu hingga dua tahun ke depan metode pembayaran dalam jumlah transaksi besar masih akan lebih aman dan nyaman jika digunakan menggunakan kartu.

Adapun saat ini, Kartika menjelaskan, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sedang melakukan kajian untuk standardisasi QR code. Asosiasi yang terdiri dari perbankan dan perusahaan switching (perusahaan penyedia jaringan yang bekerja sama dengan pihak perbankan) sedang membuat standar nasional QR code.

"Sama seperti EDC nanti QR harapannya ada standar nasional," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com