Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Jajarannya Fokus Tingkatkan Keselamatan Transportasi

Kompas.com - 15/11/2018, 14:15 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh jajarannya untuk fokus meningkatkan aspek keselamatan dan konektivitas transportasi.

Menurut Budi, keselamatan merupakan aspek utama yang harus dipenuhi.

"Keselamatan harus menjadi utama. Lakukan jangan karena terpaksa, lakukan karena ini memang harus dilakukan. Mari kita berbuat lebih baik, tidak saja di sektor udara dan laut, tetapi juga di sektor darat dan kereta api, harus kita lakukan," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/11/2018).

Selain keselamatan, Budi Karya juga meminta kepada jajarannya terus berupaya meningkatkan konektivitas transportasi untuk menghilangkan kesenjangan antar wilayah di Indonesia.

Baca juga: Menhub Akui Masih Punya Banyak PR di Sektor Transportasi

"Apabila kita mampu meningkatkan konektivitas, maka angka logistik akan menjadi lebih baik. Kita bisa memberikan kontribusi terhadap angka kemiskinan, kesenjangan, dan sebagainya. Oleh karenanya, kita harus selalu berusaha sekuat tenaga agar apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata Budi.

Menurut Budi, pekerjaan terbesar dari Kementerian Perhubungan saat ini adalah mengintegrasikan sektor transportasi.

"Pekerjaan terbesar sektor perhubungan saat ini adalah mengintegrasikan simpul-simpul transportasi seperti pelabuhan, terminal, stasiun, kawasan pergudangan, dan bandar udara agar lebih terpadu, efektif dan efisien," ucap dia.

Budi menjelaskan, pendekatan intermoda akan ditekankan pada semua sektor transportasi. Semua moda transportasi baik pada sektor udara, darat, laut, dan udara akan dijadikan prioritas dalam pembangunan untuk menciptakan konektivitas.

Baca juga: 2019, Kemenhub Fokus Bangun Konektivitas Daerah Tertinggal

Kesinambungan tiap sektor transportasi ini akan dilakukan secara terpadu, handal dan efisien.

"Berkaca dari visi tersebut, maka bagi saya tidak ada istilah anak emas dalam membangun sektor transportasi. Kita melakukan pendekatan intermoda transportasi, baik itu dari sektor darat, laut, udara, dan kereta api semua harus mendapat prioritas. Kita lakukan secara terpadu, efisien, andal dan berkualitas. Ini tidak mudah. Tetapi jika kita mau, ini tidak akan menjadi pekerjaan yang sulit," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com