Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Rp 500 juta, Pavettia Akan Ekspansi Bisnis dan Kejar Izin BPOM

Kompas.com - 16/11/2018, 19:03 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pavettia, brand perawatan kulit dan kecantikan yang diusung perempuan asal Subang, Erika Ernawati Simangunsong berhasil meraih jawara di gelaran The Big Start Indonesia (TBS) season 3 Blibli.com. 

Kepada Kompas.com Erika bercerita bahwa ia tak menyangka bisa menjadi pemenang dalam ajang pencarian bakat wirausaha anak muda ini.

"Bersyukur sudah melalui semuanya, tidak menyangka. Dari awal sejujurnya tidak berharap Pavettia harus jadi winner. Jadi kaget juga," ujar Erika di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Dia bercerita dulu awalnya hanya bermodalkan Rp 9 juta dan sempat jatuh-bangun membangun bisnisnya ini. Bahkan ia sampai harus rela menjual 3 ekor kambing yang dimilikinya sebagai modal awal membangun kembali Pavettia.

"Dimulai tahun 2016, Pavettia mulai fokus mengeluarkan 2 produk karena kalau terlalu banyak produk belum tentu laku, dan sekarang secara neraca saldo sudah berhasil meningkat 10 kali lipat," cerita Erika.

Dia menambahkan, saat ini dari hasil usahanya sudah bisa membeli membayar SDM dibagian produksi, riset, sales admin dan juga tim desain grafis sesuai UMR.

Diakuinya, selama masa karantina dalam acara TBS season 3 kemarin, bagian branding adalah yang paling banyak kendala. Erika mengatakan, yang paling berat baginya adalah ketika sudah bersentuhan dengan urusan sosial media dan video.

"Tapi, karena saya dorong diri saya dan mendapat dukungan dari para mentor, saat presentasi tentang sosial media ternyata saya bisa, padahal sebelumnya hanya pakai jasa digital agency," ungkap dia.

Dengan diraihnya gelar jawara ini, Erika berhasil membawa pulang hadiah utama sejumlah Rp 500 juta. Dimana akan digunakan dia untuk mengembangkan produk maupun untuk mengejar izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Saya akan mulai mengurus perizinan BPOM untuk skin care saya. Setelah perizinan, saya akan masuk ke penjualan. Jadi, intinya saya ingin membangun distribusi bersamaan dengan membuat perizinan sembari membuat riset untuk produk skin care baru," papar dia.

Lebih rinci, Erika pun menjelaskan rencana ekspansinya ke depan dengan uang Rp 500 juta yang didapatnya sebagai juara TBS season 3 ini.

Pertama, dia akan menyisihkan untuk production cost sebesar Rp 180 juta yakni untuk pembelian mesin, beli bahan baku dan kemasan untuk produk barunya. Kedua, mengurus izin BPOM sebesar Rp 170 juta yakni untuk penyewaan pabrik yang sesuai standar BPOM. 

"Kita sewa tempat di Purwakarta dengan biaya renovasi yang sudah kita hitung juga," imbuh Erika.

Ketiga, sebesar Rp 150 juta untuk biaya sales dan marketing yakni untuk iklan, promo dan merekrut karyawan baru. 

"Dana diawal 5 bulan pertama untuk menggaji 2 orang karyawan, sales person dan business development," tambahnya.

Kemudian, tak lupa Erika juga menargetkan dari suntikan dana sebesar Rp 500 juta ini bisa dikembangkannya hingga Rp 1,2 miliar diakhir tahun 2019. 

"Kita mengharapkan bisa naik sampai Rp 1,2 miliar di akhir tahun 2019, sudah mulai dikerjakan sekarang," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com