Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Reksa Dana Bukan Berarti Untung Cepat

Kompas.com - 17/11/2018, 19:00 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai investasi di reksa dana bagaimana caranya? Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Kerap kali pertanyaan tersebut muncul di benak mereka yang tertarik namun ragu untuk memulai menabung di reksa dana. Pasalnya, instrumen untuk investasi reksa dana begitu banyak, begitu pula dengan jenis reksa dananya.

Head of Wealth Management and Retail Digital Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menjelaskan, untuk investor yang akan memulai investasi khususnya di reksa dana sebaiknya melakukan penilaian terhadap profil risiko pribadi. Terutama, dengan kondisi pasar yang sangat dinamis seperti saat ini.

"Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana seorang investor dapat menerima risiko berinvestasi di reksa dana, terutama dengan kondisi yang dinamis," jelas Ivan kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2018).

Selanjutnya, calon investor perlu untuk menentukan tujuan investasinya, sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis reksa dana yang dibutuhkan. Untuk investasi jangka pendek, disarankan menggunakan reksa dana pasar uang dengan risiko yang lebih kecil. Sementara untuk investasi jangka panjang, disarankan menggunakan reksa dana pasar saham.

Namun, investor juga perlu memahami kondisi pasar untuk dapat mengukur risiko dari investasi yang dilakukan.

Ivan menegaskan, investasi perlu dilakukan secara reguler, seusai dengan tujuan keuangan dan profil risiko, berbeda dengan trading.

"Jangan berpikir untuk mendapatkan keuntungan cepat dalam investasi reksadana," tegas Ivan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com