Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Bergejolak, Bagaimana Pasar Sepeda Motor Tahun Depan?

Kompas.com - 22/11/2018, 09:30 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Honda Motor (AHM) memproyeksikan volume penjualan pasar sepeda motor nasional pada 2019 sebanyak 6,2 juta-6,3 juta unit.

"Kami bisa prediksi tahun depan pasar sepeda motor akan kembali pada 6,2 juta-6,3 juta unit," ujar Direktur Keuangan AHM Erik T Sadikin di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Namun, yang patut diwaspadai adalah volatilitas nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang cukup signifikan.

Baca juga: Astra Honda Motor Targetkan 4,7 Juta Unit Terjual hingga Desember 2018

“Memang dengan volatilitas di mata uang itu sesuatu yang kita juga tidak tahu akan lari ke berapa, tergantung faktor eksternal dan bagaimana Bank Indonesia (BI) merespons atas hal ini,” ujar Erik.

Lebih lanjut, jika pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen, ditambah harga komoditas tidak turun drastis, dan tidak ada sentimen negatif lainnya, pasar nasional sepeda motor juga akan ikut stabil.

“Itu yang harus kita cermati saat ini, dalam situasi ini kita berusaha optimistis. Ke depan ada tahun politik, komoditasnya juga diharapakan tetep stabil, suku bunga juga,” ujar Erik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com