Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Minat Orang Jakarta Makan Ikan Masih Rendah

Kompas.com - 25/11/2018, 10:02 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menargetkan konsumsi ikan di Indonesia mencapai 50 kilogram per kapita dalam satu tahun. Angka ini meningkat dibandingkan realisasi pada tahun 2017 lalu.

Menurut Susi, dengan mengonsumsi ikan, masyarakat Indonesia akan lebih sehat dan lebih pintar.

"Target 50 kilogram per tahun per kapita. Tahun lalu sudah 46 kilogram," ujar Susi di Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Susi menambahkan, di Jepang, jumlah konsumsi ikan sudah mencapai 80 kilogram per kapita dalam satu tahun. Dia ingin masyarakat Indonesia mencontoh Jepang.

Baca juga: Ketika Menteri Susi Jadi Koki Dadakan...

"Sebaiknya kita mengurangi (konsumsi) daging, tapi persoalannya ada beberapa suku yang sukanya daging saja. Ada juga beberapa suku yang makan proteinnya hanya dari sumber nabati saja. Nah ini harus kita galakkan kita kampanyekan," kata Susi.

Susi menilai minat masyarakat Indonesia untuk makan ikan masih rendah. Menurut dia, di Ibu Kota saja minat masyarakat mengkonsumsi ikan masih rendah.

"Orang Jakarta juga senangnya makan ayam, kebanyakan dari statistik makan ikan di Jakarta juga sangat rendah. Jadi ini yang kita inginkan, karena ikan juga makin banyak supaya hasil para pembudidaya dan petani terjual tentunya untuk bisnis mereka, kita juga harus gencar makan ikan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com