Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Bernilai 70 Juta Dollar AS, Pipa Gas Duri-Dumai Sudah Beroperasi

Kompas.com - 25/11/2018, 11:49 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Proyek pembangunan jaringan pipa gas transmisi Duri-Dumai yang memiliki nilai investasi 70 juta dolar AS telah selesai dikerjakan.

Pipa transmisi sepanjang 67 kilometer (KM) tersebut merupakan hasil kerja sama antara  PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas).

Kerja sama ini pun sudah sesuai dengan keputusan Menteri ESDM Nomor 5975 K/12/MEM/2016. 

“Sejalan dengan komitmen kami untuk menyalurkan energi baik bagi masyarakat, pada hari ini (Sabtu, 24/11/2018) telah dimulai gas in tahap pertama dari jaringan pipa transmisi Duri-Dumai,” kata Sekretaris Perusahaan PT PGN, Rachmat Hutama  di Jakarta melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima.

Jika penyaluran gas perdana ini tidak mengalami gangguan, aliran gas tersebut akan memprioritaskan pelanggan seperti rumah tangga, industri, dan komersial, yang berada di wilayah Dumai dan dikelola oleh PGN.

Gas yang akan dialirkan ke jaringan pipa tersebut berasal dari Blok Corridor yang dikelola oleh ConocoPhilips di Sumatera Selatan. Selain itu, akan ada tambahan gas dari Blok Bentu yang dioperasikan oleh Energi Mega Persada (EMP).

Jika jaringan pipa Duri-Dumai beroperasi total, maka pasokan gas yang akan mengalir ke jaringan pipa transmisi tersebut sekitar 200 juta kaki kubik per hari.

“Kemudian dalam waktu dekat ini, gas bumi dari jaringan pipa transmisi Duri-Dumai ini juga akan mengalir untuk Pertamina RU 2,” tutup Rachmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com