Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Diperkirakan Bisa Terus Menguat hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 26/11/2018, 06:37 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan akan menguat hingga akhir tahun 2018.

Pada Jumat (23/11/2018), rupiah di pasar spot menguat 0,25 persen ke level Rp 14.544 per dollar AS. Sementara data Jakarta Interspot Dollar Rate (JISDOR) menunjukkan rupiah menguat 0,27 persen ke level Rp 14.552 per dollar AS.

Penguatan mata uang emerging market khususnya rupiah dipicu berbagai isu global yang turut melemahkan indeks dollar Amerika Serikat (AS).

Direktur Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, faktor menguatnya rupiah dan pelemahan dollar tak lain karena perekonomian Eropa membaik. Pasalnya, Pemerintah Italia yang tengah berunding mengenai anggaran tahun 2019 yang melebihi kuota akan ditelusuri Pemerintah Uni Eropa yang merevisi anggaran belanja tersebut.

Baca juga: Rupiah Terus Menguat, Ini Komentar Sri Mulyani

Ditambah keputusan Brexit yang sudah ditanda tangan dengan musyawarah, hal ini membuat dollar AS lunglai.

Tak hanya itu, Ibrahim juga mencatat data pengangguran di Amerika Serikat (AS)  meningkat. Itulah yang membuat dollar melemah, sementara rupiah menguat. Kuatnya rupiah yang dalam waktu terbatas, menurut Ibrahim tak lepas dari peran bank sentral AS yang kemungkinan menahan ataupun merevisi kenaikan suku bunga pada tahun 2019 dan 2020.

Ibrahim juga memperkirakan bank sentral Indonesia yang menaikkan suku bunga merupakan stimulus ekonomi ke-16 mampu menguatkan rupiah. Untuk itu, Ibrahim memprediksi akhir tahun rupiah akan menyentuh level Rp 14.400 per dollar AS.

Sementara analis Asia Trade Points Futures Deddy Yusuf Siregar memperkirakan rupiah secara fundamental rupiah masih akan kuat.

"Masih oke karena turunnya harga minyak dunia. Sehingga sampai akhir tahun, rupiah bisa menguat," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Minggu (25/11/2018).

Deddy pun memprediksi akhir tahun ini, level rupiah berada di rentang Rp 14.300 per dollar AS. (Jane Aprilyani)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Rupiah berpeluang menguat hingga akhir tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com