Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan TOD LRT Jabodebek Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Kompas.com - 29/11/2018, 22:10 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (persero) Tbk menyatakan pembangunan proyek kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD) Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di kawasan Bekasi Timur masih terkendala pembebasan lahan.

"Memang untuk TOD yang di Bekasi Timur ini masih tertunda karena pembebasan tanahnya belum selesai," ujar Direktur Keuangan Adhi Karya, Enthus Asnawi di Jakarta, Kamis (28/11/2018).

Sambil menyelesaikan permasalahan tersebut, lanjut Enthus, pihaknya akan mencari alternatif lain. Rencananya akan dibangun TOD di kawasan Cibubur. Menurut dia, di lokasi itu lebih mudah dalam hal pembebasan lahan.

"Akan membangun juga yang di Cibubur, sedang diusulkan, sesang dibuat juga desainnya. Kalao (lahan) di Cibubur ini kepemilikannya ada tanahnya Adhi dan tanah Kwarnas," kata Enthus.

Baca juga: Reaktivasi Jalur KA Jabar, Kemenhub Juga Bakal Kembangkan TOD

Sesuai rencana kata Enthus, TOD memang akan dibuat di kawasan Cibubur dan Bekasi Timur.

Adapun LRT Jabodebek tahap I memiliki panjang sekitar 44,43 kilometer (km). Progres pengerjaan proyek ini saat ini sudah mencapai 49,1 persen. Diperkirakan proyek LRT Jabodebek rampung pada 2019.

Di mana rincian untuk progres pada setiap lintas pelayanannya adalah Cawang-Cibubur sebesar 71,3 persen. Cawang Kuningan Dukuh Atas mencapai 37,2 persen dan Cawang Bekasi Timur mencapai 41,8 persen.

Sedangkan pembangunan tahap II sepanjang 38,5 km terdiri dari rute Dukuh Atas-Palmerah-Senayan sepanjang 7,8 km, Cibubur-Bogor sepanjang 25 km, dan Palmerah-Grogol sepanjang 5,7 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com