Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Pemilu Aman, Saya Yakin Investasi akan Aman..."

Kompas.com - 30/11/2018, 17:37 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen (Narada Aset) Oktavian Dondi mengatakan, iklim investasi di tahun politik kemungkinan akan aman selama tidak ada sentimen negatif yang berkaitan dengan terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

“Untuk investasi ke depan itu sudah dibahas oleh research kita, Insya Allah ke depan bagus tapi memang kuncinya Pemilu. Kalau Pemilu aman, saya yakin investasi akan aman,” ujar Dondi di Senayan City Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut dia, hal ini hanya perihal sentimen yang bermain. Contohnya adalah ketika sentimen perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China yang menguat pada kuartal II tahun 2018 lalu.

“Sebenernya yang bermain itu sentimen, contoh kemarin periode Maret-Mei 2018 perang dagang antara AS dan China sentimen sampai ke dalam,” ungkap Dondi.

Baca juga: Hasil Investasi Itu Harus Indah pada Waktunya...

Bahkan sebut dia, produk Narada Aset yakni Narada Saham Indonesia (NSI) sempat jatuh 12 persen dan Narada Campuran 1 (NC1) sempat jatuh 10 persen pula. Namun, dikatakannya karena pasar sudah mulai tenang saat ini sudah kembali sepeti semula.

“Sekarang sudah balik lagi,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, sentimen cukup berpengaruh terhadap persepi nasabah terhadap keputusan untuk berinvestasi.

“Sentimen lebih dahsyat karena memmengaruhi persepsi kita, tapi kalau kita lihat juga emiten kita yang BUMN yang blue chip itu kuat sekali. Cuman kembali lagi sentimen itu,” papar Dondi.

Narada Aset sendiri akan meluncurkan produk investasi Narada Saham II pada 1 Desember 2018 mendatang. Dondi juga mengungkapkan, untuk tahun depan, pihaknya juga akan meluncurkan beberapa produk baru. Saat ini, Dondi pun sedang mengajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang reksadana pasar uang.

“Ada, kita kan setiap akhir tahun mesti buat business plan ke OJK. Rencana, kita akan nambah Narada Saham satu lagi tahun depan, (reksa dana) campuran juga akan kita bikin lagi. Kemudian, yang sedang kita ajukan dan belum dapat efektif adalah (reksa dana) pasar uang,” papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com