Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Lion Air Ungkap Ketatnya Aturan Sebelum Terbangkan Pesawat

Kompas.com - 01/12/2018, 18:51 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Para pilot Lion Air menjelaskan, peraturan sebelum menerbangkan pesawat sangat ketat. Jika tidak memenuhi aturan, maka mereka tak boleh mengawaki pesawat.

"Dari rumah kami sudah merasa sehat dulu. Sampai di pilot operation, kami ada tes alkohol dan ada juga tes tensi (darah)," kata seorang pilot Lion Air, Capt Rusmanur Effendy memberi keterangan di Simulator Bandara Mas, Selapajang, Tangerang, Sabtu (1/12/2018).

Rusmanur menjelaskan, manajemen dan para pilot Lion Air selalu berkomitmen memberikan yang terbaik dalam setiap penerbangan. Sehingga insiden atau peristiwa yang tak diinginkan bisa dihindari.

"Dia (pilot) harus yakin bahwa pesawat laik untuk terbang. Pilot begitu masuk ke pesawat dia, melihat kelengkapan-kelangakap pesawat, dokumen, harus memenuhi standar kelayakan," sebutnya.

Dia menuturkan, selain kelengkapan dokumen, para pilot sebelum terbang harus melewati proses pemeriksaan secara personal, yakni tes alkohol dan tensi darah. Apabila keduanya tak sesui maka tak boleh menerbangkan pesawat untuk melayani rute yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Ini Syarat Pilot Lion yang Boleh Terbangkan Pesawat Boeing 737 Max 8

"Setiap pilot dimonitor, ada namanya data analysis. Jadi sejak pilot itu berangkat dan sampai di tujuan, dia itu dimonitor," jelas Rusmanur.

Sementara itu, salah satu instruktur Angkasa Pilot Training Organization Lion Air Capt Hamid mengatakan, semua proses pelatihan yang dilakukan di ruang simulasi sudah sangat ketat dan sesuai dengan prosedur yang tinggi.

Ini dilakukan agar para calon pilot benar-benar paham apa yang menjadi tugasnya. Mereka juga ditekankan soal kedisiplinan jika menjadi seorang kapten pilot.

Baca juga: Lion Air Tak Segan Hukum Pilot yang Bermasalah

"Tempat ini merupakan tempat untuk melatih dan memperbaiki setiap pilot. Jadi setiap informasi yang kami berikan tentu berdasarkan dengan prosedur yang ditetapkan," jelas Hamid.

"Satu hal yang penting, kita tidak akan menerbangkan pesawat yang tidak laik terbang. Setiap pilot selalu mengutamakan keselamatan para penumpang dan kru yang bertugas," tegas Hamid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com