Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabencana, Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Diprediksi Positif

Kompas.com - 07/12/2018, 09:37 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.comPertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah pada kuartal III 2018 mencapai 6,46 persen secara tahunan (yoy). Angka ini lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya sebesar 6,20 (yoy).

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah, Miyono, dari sisi penawaran, kenaikan pertumbuhan, didorong meningkatnya pertumbuhan di sektor industri pengolahan yang berimbas pada sektor pertambangan dan penggalian sebagai penyedia input atau bahan baku.

Adapun dari sisi permintaan, peningkatan pertumbuhan ditopang dari konsumsi rumah tangga dan sektor pemerintahan, serta meningkatnya kinerja ekspor.

“Seperti yang diperkirakan sebelumnya pertumbuhan investasi mulai mengalami deselerasi. Dan seiring dengan itu impor menurun signifikan tumbuh 75,32 persen, setelah selama semester I 2018 sempat tumbuh tinggi hingga mencapai 275,23 persen,” kata Miyono, Kamis (6/12/2018).

Baca juga: Apindo Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen pada 2019

Menurutnya pada kuartal IV 2018, arah pertumbuhan ekonomi diperkirakan tetap positif. Ini terjadi mski mengalami perlambatan sebagai dampak dari adanya gempa, tsunami dan likuefaksi yang menerjang tiga wilayah di Sulawesi Tengah yakni Palu, Sigi dan Donggala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com