Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Para Operator Angkutan Jangan Asal-asalan...

Kompas.com - 10/12/2018, 06:09 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta para operator jasa angkutan tak asal mengoperasikan armadanya ketika Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Operator harus memperhatikan kelayakan armada busnya saat digunakan melayani masyarakat.

"Paling penting bagi operator. Para operator (angkutan) jangan asal-asalan. Karena yang dibawa manusia, membawa keselamatan manusia, harus hati-hati," kata Budi ditemui di Convention Hall Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Minggu (9/12/2108).

Budi menyebutkan, pihaknya akan melakukan langkah-langkah antisipasi berupa ramp check setiap bus angkutan yang akan beroperasi. Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kelayakan sebuah bus.

"Konsep kami sebagai Kemenhub pasti harus lebih waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan. Kami berkoordinasi intensif dengan Polri, Dishub dan sebagainya," tuturnya.

Baca juga: Kemenhub: Pengguna Angkutan Umum Turun Saat Natal dan Tahun Baru 2019

Menhub mengimbau masyarakat bisa jeli melihat kondisi bus, baik sisi kelayakan maupun perizinan.

"Para penumpang harus memilih bus-bus yang dirasa pantas untuk (digunakan). Bahkan kalau lebih berani cek (surat) ramp check-nya. Kalau enggak ada, jangan naik atau batalkan. Ini penting sekali," tegasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com