Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Ingin Pangkas Jarak Antar KRL Jadi 2 Menit

Kompas.com - 10/12/2018, 17:09 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, headway atau jarak antar Kereta Rel Listrik (KRL) akan dipangkas. Nantinya, jarak antar kereta hanya akan berjarak kurang dari lima menit.

"Headway akan kita buat 2 sampai 3 menit dan juga gerbongnya (dari) 10, nanti kita akan menjadi 12 (gerbong)," ujar Budi di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Budi menambahkan, perbaikan ini menyusul akan dibangunnya transit oriented development (TOD) di Stasiun Rawa Buntu, Jurangmangu dan Cisauk. Dengan adanya perbaikan ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat menggunakan alat transportasi umum.

Rencananya, pemangkasan headway dan penambahan gerbong ini akan dilakukan dalam dua tahun.

Baca juga: Awal 2019, Frekuensi Perjalanan KRL Maja-Rangkasbitung Bertambah

"Realisasi 1-2 tahun. Kalau headway itu kan butuh ada sistem yang dilakukan. Jadi enggak bisa dilakukan cepat, karena window time tertutup," kata Budi.

Selain itu, kata Budi, nantinya juga akan dilakukan perbaikan di beberapa stasiun.

"Memang satu-satu harus kita lakukan, kayak reengineering. Fungsinya besaran flownya harus kita buktikan lagi. Di masa mendatang ini, pola yang kita lakukan di Manggarai, dan ke timur sudah kita sesuaikan dengan kapasitas. Sedangkan yang menuju BSD kita lakukan perbaikan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com