Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak Hampir 284 Persen, Saham KONI Disuspensi

Kompas.com - 11/12/2018, 08:38 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, kOMPAS.com - Masih naik tinggi setelah masuk pengawasan unusual market activity (UMA), saham PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI) akhirnya kena suspensi Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham KONI, dalam rangka cooling down, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham KONI pada perdagangan tanggal 11 Desember 2018," ungkap Lidia M. Panjaitan, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dalam pengumuman Senin (10/12/2018).

Penghentian sementara perdagangan saham KONI ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Tujuan suspensi adalah untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada di setiap pengambilan keputusan investasinya di saham KONI.

Pada perdagangan kemarin, harga saham KONI naik 28,71 persen ke level 430 per saham. Setelah menyentuh level terendah sejak Oktober 2014 yang terjadi pada 22 November, harga saham KONI melonjak.

Baca juga: Soal Suspensi Mitra Ojek dan Taksi Online, Ini Masukan Kemenhub

Pada 22 November lalu, harga saham KONI berada di Rp 112 per saham. Hampir tiga pekan, harga saham KONI meroket 283,93 persen. BEI memasukkan saham KONI dalam kategori unusual market activity pada Kamis pekan lalu.

Sebagai informasi, Perdana Bangun Pustaka didirikan dengan nama PT Konica Cemerlang dan memulai operasi komersial pada 1987. Entitas induk terakhir perusahaan ini adalah PT Dasabina Adityasarana. KONI bergerak di bidang penjualan dan distribusi produk-produk fotografi.

Perusahaan yang mencatatkan saham perdana di BEI tahun 1995 ini mencatatkan pendapatan Rp 105,47 miliar pada sembilan bulan pertama tahun ini. Pendapatan KONI tumbuh 29,94 persen jika dibandingkan dengan periode Januari-September tahun lalu sebesar Rp 81,17 miliar. (Wahyu Tri Rahmawati)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul BEI setop perdagangan saham Perdana Bangun Pusaka (KONI) yang melonjak 284%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com