Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harbolnas 2018, Ajang Belanja "Online" untuk Dukung Produk Nasional

Kompas.com - 11/12/2018, 10:25 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada Rabu (12/12/2018) atau esok hari diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang memungkinkan masyarakat Indonesia mendapatkan berbagai produk dengan tawaran diskon menarik. Hari itu juga dikenal dengan nama Harbolnas 12/12.

Dalam Harbolnas 2018, masyarakat akan dimanjakan oleh berbagai diskon menarik hingga 95 persen dari 250 e-commerce yang bergabung dalam ajang pesta belanja online terbesar di Indonesia tahun ini.

Berdasarkan informasi di laman Harbolnas, pesta belanja daring ini sudah diselenggarakan sejak 2012 atas inisiasi beberapa e-commerce nasional. Situs pelopor itu di antaranya Lazada Indonesia, Zalora Blanja, Bukalapak,dan Berrybenka.

Kegiatan ini merupakan ajang besar bagi para produsen dalam negeri yang memasarkan produknya melalui internet untuk dikenal oleh kalangan luas.

Hal itu dikarenakan tingginya antusias masyarakat berburu potongan harga di berbagai lapak dagang online sehingga memungkinkan berbagai merek terbaca.

Baca juga: Harbolnas 2018 Digelar Dua Hari, Satu Hari Khusus Produk Lokal

Menkominfo, RudiantaraHarbolnas Menkominfo, Rudiantara

Melalui video teaser Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengajak masyarakat Indonesia untuk turut memeriahkan Harbolnas tahun ini.

“Saya mengajak semuanya, semua masyarakat Indonesia, untuk kita berpartisipasi, kita belanja secara daring, secara online, pada Harbolnas nanti. Kita belanja produk-produk buatan Indonesia dan kita bangga menggunakan produk-produk Indonesia,” ujar Rudiantara.

Ajakan serupa juga disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto dalam video yang sama.

"Indonesia adalah bangsa yang kreatif dan mandiri, mari kita sama-sama dukung para pelaku industri kecil dan menengah. Hari Belanja Online Nasional 2018 adalah salah satu cara untuk berpartisipasi dalam membangun ekonomi Indonesia lewat pembelian produk lokal," ujar Airlangga.

Hal ini sesuai dengan tagline Harbolnas tahun ini yakni #BelanjaUntukBangsa. Harbolnas tidak hanya menguntungkan masyarakat dengan diskon-diskon besarnya, tetapi juga para produsen lokal yang berhasil memasarkan produk-produk buatannya.

Selain diikuti oleh 250 e-commerce, Harbolnas tahun ini didukung oleh sejumlah perbankan, jasa ekspedisi, media, dan tiga kementerian yakni Kementerian Perdagangan, Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com