Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom Bank Mandiri Proyeksi Rupiah Tahun Depan di Bawah 15.000

Kompas.com - 12/12/2018, 18:41 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist Bank Mandiri Anton Gunawan Bank Mandiri memprediksi nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah tahun depan berada di kisaran Rp 14.900.

Angka tersebut masih di bawah asumsi pemerintah dalam APBN 2019.

“Dugaan kami rupiah akan lebih baik rata-rata Rp 14.900 kalau APBN kan Rp 15.000. Tapi itu dengan catatan FFR naiknya tiga kali ya jadi 3-3,5 persen,” ujar Anton di Plaza Mandiri Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Walaupun begitu, Anton juga tak menampik kalau rupiah juga bisa mengalami pelemahan yang dalam jika The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga lebih dari tiga kali.

Baca juga: Rupiah Tertekan terhadap Dollar AS, BI Kembali Intervensi

Pasalnya sebut dia,  hal itu membuat terguncang investor dan akan lebih memilih memegang dollar AS daripada menginvestasikannya ke emerging market seperti Indonesia.

“Hal ini membuat kami yakin depresiasi rupiah lebih kecil. Tapi masih ada potensi lebih kuat kalau benar ada slow down ekonomi sehingga The Fed tidak naik tiga kali dan harga minyak mentah mulai meningkat lagi,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com