Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Suku Bunga Acuan BI Diprediksi Naik Jadi 6,5 Persen

Kompas.com - 12/12/2018, 21:08 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Anton H Gunawan memperkirakan Bank Indonesia (BI) masih akan kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (7DRRR) pada tahun 2019 mendatang.

Proyeksi tersebut seiring kenaikan suku bunga acuan AS Fed Fund Rate yang kemungkinan besar masih akan berlanjut hingga tahun 2019.

Anton memproyeksikan penyesuaian suku bunga acuan BI masih dapat naik dua kali pada tahun depan.

“Dengan Fed Rate masih akan naik lagi (pada) 2019, kami lihat BI akan naikkan dua kali lagi, jadi 6,5 persen. Tapi kalau di sana (The Fed) naiknya hanya 1 hingga 2 kali, bisa saja BI 7DRRR naiknya tidak sampai dua kali,” ujar Anton di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Anton menambahkan, hingga saat ini BI dinilai masih terus dalam upaya untuk intervensi pasar guna menjaga stabilitas inflasi. BI dipercaya akan selalu preemtive, frontloading, dan ahead the curve.

Baca juga: 2019, BI Diprediksi Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 6,50-6,75 Persen

Anton juga memprediksi angka inflasi pada tahun 2019 mendatang masih akan stabil diangka 4 persen.

“Selain itu tentu mereka jaga inflasi, inflasi walau ada kecenderungan lemah tetap terjaga di range pemerintah ke arah kurang lebih 4 persen,” kata Anton.

Sebagai informasi, sepanjang 2018 BI telah menaikkan suku bunga acuan BI 7DRRR sebanyak 175 basis poin pada bulan Mei-November. Suku bunga acuan kini berada di level 6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com