Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Romo Markus di Vatikan untuk Menteri Susi: Maju Terus!

Kompas.com - 13/12/2018, 07:08 WIB
Wartawan Kompas TV Rosianna Silalahi,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com — Direktur Desk Islam Asia dan Pasifik Tahta Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta memberikan apresiasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti atas kesuksesan, pola kepemimpinan, dan cara kerja salah satu Srikandi Kabinet Kerja itu.

Hal itu disampaikan Romo asal asal NTT itu saat bertemu dengan Menteri Susi di Vatikan, Roma, Rabu (12/12/2018) waktu setempat.

Romo Markus mengaku bahwa dirinya sudah sering mendengar sepak terjang Susi dalam memerangi illegal fishing.

“Menteri Susi sudah sering saya dengar namanya dan baca pula di surat kabar. Kehadiran beliau turut membuka cakrawala dan pandangan orang Barat atau negara-negara lainnya bahwa gender equality di Indonesia bukan merupakan sebuah masalah,” kata dia.

Baca juga: Ngobrol Bareng, Nelayan Ini Tak Tahu Susi Pudjiastuti adalah Menteri

Romo Markus menilai, kepemimpinan Susi profesional dan bertujuan untuk kesejahteraan rakyat banyak tanpa melihat siapa mayoritas atau minoritas. Dia meminta Susi meneruskan pola kepemimpinannya tersebut.

"Kemajuan bangsa hanya bisa terjadi ketika semua warga mendapat kesempatan yang sama untuk mengembangkan segala potensinya. Di mana ada kemajuan yang merata, di situ ada perdamaian dan kerukunan,” ujar Romo Markus menutup perbincangan.

Menteri Susi di Vatikan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Umat Katolik Sedunia Paus Fransiskus. Romo Markus ikut membantu memperlancar pertemuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com