Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Rompi Kuning di Perancis Sebabkan Euro Anjlok

Kompas.com - 14/12/2018, 22:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Nilai tukar mata uang euro anjlok terhadap dollar AS pada Jumat (14/12/2018). Ini sejalan dengan survei ekonomi Perancis dan Jerman yang mengecewakan pasar.

Dikutip dari BBC, di Perancis, kegiatan sektor bisnis swasta terkontraksi untuk pertama kalinya dalam 2,5 tahun sejalan dengan dampak aksi unjuk rasa rompi kuning. Sementara itu di Jerman, kegiatan bisnis swasta terkontraksi melambat ke level terendah dalam 4 tahun.

Dua survei tersebut mengindikasikan outlook pertumbuhan ekonomi yang lemah di dua ekonomi terbesar Eropa tersebut pada kuartal IV 2018.

Setelah data itu dirilis, nilai tukar euro anjlok 0,6 persen ke level 1,13 dollar AS. Data ekonomi tersebut dirilis oleh IHS Markit yang melacak kegiatan bisnis di penjuru Eropa.

"Data terkini menunjukkan kontraksi di sektor swasta Perancis untuk pertama kalinya dalam 2,5 tahun, menyusul aksi protes yang terjadi di negara itu dalam beberapa pekan terakhir," ujar Eliot Kerr, ekonom IHS Markit.

Dampak aksi unjuk rasa rompi kuning di Perancis dipandang sudah terasa. Pemerintah terpaksa tunduk pada tekanan dan mengubah kebijakan ekonominya.

Presiden Perancis Emmanuel Macron merespon aksi protes dengan memangkas kenaikan pajak bahan bakar dan menjanjikan tambahan upah minimum sebesar 100 euro dan pemangkasan pajak untuk pensiunan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com