Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab dan Bank BJB Luncurkan Kartu ATM "Co-branding"

Kompas.com - 19/12/2018, 12:58 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Grab dan PT. Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB), mengumumkan kerja sama yakni meluncurkan kartu ATM co-branding dan integrasi program cicilan pajak kendaraan bermotor STNK ‘T-Samsat’ yang pertama untuk mitra pengemudi online di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, para mitra pengemudi Grab akan mendapatkan manfaat berupa akses terhadap layanan perbankan Bank BJB dan kartu ATM co-branding Grab dan Bank BJB dengan desain khusus untuk mitra pengemudi yang juga berfungsi sebagai kartu identitas mitra pengemudi.

Kartu tersebut dapat digunakan sebagai kartu diskon di berbagai merchant seperti bengkel, dealer resmi, gerai pakaian dan restoran, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Yamaha Kucurkan Dana Rp 2,1 Triliun buat Grab

Selain itu, mitra pengemudi juga dapat berpartisipasi dalam program T-Samsat yang merupakan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan fasilitas cicilan selama setahun yang pertama kali diperkenalkan oleh Bank BJB untuk mitra pengemudi online.

“Kolaborasi ini memungkinkan mitra pengemudi untuk memanfaatkan layanan T-Samsat yang dipelopori Bank BJB untuk membayar pajak kendaraan bermotor dengan sistem cicilan. Hal ini diharapkan dapat meringankan beban finansial mitra pengemudi dan mendukung mereka untuk lebih taat pajak.” jelas Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan pers, Rabu (19/12/2018).

Sementara itu, Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB Suartini mengatakan layanan ini bisa memudahkan mitra Grab untuk mengakses layanan perbankan Bank BJB.

Ia menyebut program ini sebagai sarana literasi dan inklusi keuangan di masyarakat melalui program Rekening Bank BJB-Grab Indonesia.

“Mitra pengemudi Grab tidak perlu khawatir lupa bayar pajak karena Bank BJB memberikan berbagai fitur yang memudahkan mereka sebagai nasabah Bank BJB,” jelas Suartini.

Baca juga: Hyundai dan Kia Tambah Investasi di Grab Rp 3,7 Triliun

Berbagai fitur ekstra rekening Bank BJB dan Grab antara lain adalah gratis setoran awal, gratis tarik tunai di berbagai jaringan ATM Bank BJB, gratis biaya purchase/belanja di mesin EDC, kartu ATM berupa identitas/kartu anggota co-branding Bank BJB dan Grab, diskon merchant yang biasa digunakan oleh Mitra Grab, serta diikutsertakan dalam undian program khusus BJB dan Grab.

Tambahan fitur lainnya yang diberikan Bank BJB yakni fitur pembayaran klaim dan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), fitur pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan fitur pembayaran Pajak Bumi & Bangunan (PBB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com