Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Mulai Hari Ini Tol Merak sampai Pasuruan Bisa Dilewati

Kompas.com - 20/12/2018, 17:34 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga ruas jalan tol di kawasan Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018) siang. Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang dan Salatiga-Kartasura.

Dengan diresmikannya tiga ruas tol tersebut, lanjut Jokowi, masyarakat bisa menggunakan jalan tol mulai dari Merak hingga Pasuruan.

"Artinya sejak hari ini Merak Sampai Grati di Pasuruan telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta-Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati," ujar Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Kamis.

Jokowi berharap Tol Trans Jawa dapat mempercepat mobilitas barang dan orang. Dengan begitu diharapkan mampu memangkas biaya operasional yang dikeluarkan oleh industri.

Baca juga: Jokowi Ingin Rest Area Tol Trans Jawa Diisi UMKM

"Kita juga ingin tol ini bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri, dengan kawasan ekonomi khusus dan dengan kawasan wisata. Kita akan terus mendorong agar investasi bisa masuk ke kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun pengembangan yang lama. Kita harapkan dengan investasi ini lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mencoba Tol Trans Jawa. Dia menginginkan masyarakat merasakan perbedaan sebelum dan setelah adanya tol tersebut.

"Mari coba dari Merak sampai Pasuruan, atau dari Jakarta sampai ke Surabaya, mumpung masih gratis yang baru, bisa dicoba sekarang berapa jam dulu berapa jam," ucap dia.

Sebelum meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah, Jokowi telah meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur.

Keempatnya adalah Tol Wilangan-Kertosono memiliki panjang 39 kilometer, dan Tol Bandar-Kertosono panjangnya 1 kilometer. 

Kemudian, Tol Porong-Gempol sepanjang 7 kilometer dan Tol Pasuruan-Grati sepanjang 12 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com